Senin, 19 April 2010

Tiga Tipe Kekuasaan di Tempat Kerja


Sumber : Media Indonesia , Senin, 19 April 2010 14:15 WIB
Penulis : Yulia Permatasari


KEKUASAAN atau pengaruh di tempat kerja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap hari, Anda perlu berhubungan dengan orang-orang di kantor untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Oleh karena itu, memperkuat posisi Anda demi kepentingan tersebut patut dilakukan.

Sebelumnya kenalilah berbagai tipe kekuasaan yang ada di lingkungan kerja. Karena permainan kekuasaan ini merupakan hal yang sensitif dan Anda mungkin tidak bisa memengaruhi semua orang.

Nah, berikut ini adalah tiga tipe kekuasaan di lingkungan kerja yang dapat dilatih dan dipelajari:

1. Role power
Role power adalah otoritas dan kekuasaan lain yang diberikan berdasarkan peran seseorang di tempat kerja. Role power merupakan jenis kekuasaan yang paling langsung. Contohnya, seorang atasan memiliki kekuasaan atas para staf di bawahnya. Meskipun demikian, role power tidak selalu mengalir dari atas ke bawah. Seseorang bisa saja memiliki role power tambahan untuk suatu konteks tertentu, seperti mengepalai suatu proyek atau komite dan bekerja serta menerima masukan dari orang-orang dengan jabatan yang lebih tinggi.

Jika Anda termasuk ke dalam tipe peran tersebut, Anda mungkin memiliki kontrol terhadap proyek atau informasi berharga. Nah, cara terpasti untuk meningkatkan role power tentunya dengan meraih promosi. Akan tetapi, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuasaan dari peran Anda sekarang.

Coba perhatikan tugas harian yang selalu Anda kerjakan. Apakah ada sesuatu yang terlihat lebih penting daripada yang lain? Apakah ada bagian dari pekerjaan Anda yang krusial dan benar-benar dibutuhkan perusahaan? Nah, berikan perhatian ekstra pada area tersebut. Anda bisa meminta atau menyarankan sesuatu yang berguna untuk area tersebut, meskipun hanya membuat excel spreadsheet untuk melihat data dengan cara berbeda.

2. Expert power
Expert power adalah kekuasaan yang berasal dari keahlian dan pengetahuan yang dimiliki seseorang. Beban pekerjaan yang Anda pikul berasal dari kualitas dari hasil serta pengetahuan yang Anda tunjukkan.

Pernahkah Anda berpikir, mengapa orang-orang di kantor lebih menghormati top salesman daripada orang-orang lain di tim penjualan? Dia memberikan bukti berupa hasil. Itu sebabnya, orang-orang menghargai dan mendengarkan opininya.

Nah, Anda pun secara tidak sadar telah meningkatkan expert power yang dimiliki sepanjang meniti karier. Orang cenderung memandang seseorang yang telah melakukan pekerjaan dalam jangka waktu lama sebagai yang lebih cerdas dan berpengalaman. Akan tetapi, orang juga akan memandang rendah seseorang yang melakukan hal sama bertahun-tahun dan terjebak di sana.

Oleh karena itu, Anda perlu bersikap dinamis. Pelajari berbagai keahlian baru dan perdalam pengetahuan tentang bidang yang Anda geluti. Jangan lupa untuk membawa angin segar berupa ide-ide baru yang potensial.

3. Relationship power
Relationship power adalah pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lain karena hubungan yang dijalinnya dengan mereka. Relationship power adalah apa yang terdapat di dalam hubungan, sehingga seseorang bersedia melakukan sesuatu untuk Anda.

Di antara ketiga kekuasaan yang ada, relationship power merupakan jenis kekuasaan yang paling mudah digunakan, karena setiap orang ingin rukun di tempat kerja dan segala sesuatu berjalan lancar. Meskipun Anda tidak ingin bersahabat dengan seseorang yang bekerja dengan Anda, setiap orang tentu ingin menjalani hari setenang mungkin. Saling tolong menolong, atau respon kilat terhadap permintaan informasi, bisa meningkatkan kekuatan sosial yang Anda miliki.

Ringan tangan dan berlaku manis setiap hari merupakan cara terbaik untuk meningkatkan relationship power seseorang. Tidak perlu menjadi penjilat, bersikap santai dan membantu orang lain sudah cukup. Ketika rekan kerja melakukan pekerjaan yang baik, berikan dia pujian.

Jangan lupa, setiap orang memiliki masalah. Suatu saat nanti, mungkin Anda yang membutuhkan bantuan. (*/OL-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar