Senin, 12 April 2010

Alfred Dama Nelcy Pelandou, Perempuan Penulis Terbaik

SUMBER : POS KUPANG, Jumat, 26 Maret 2010 | 19:32 WIB

Lomba yang diselenggarakan Forum Kebijakan Nusa Tenggara Timur (NTT) ini diikuti 57 perempuan dari berbagai daerah di Timor barat. Sebanyak 15 peserta dinyatakan masuk ke babak final oleh tiga anggota tim juri , yaitu Jemfris Foentuna dari unsur pers, Olyvianus Dadi Lado dari NTT Policy Forum (PF) dan Dhanny Wetangterah dari Oxfam Great Britain (GB).

Juara II dalam diraih Vinsensia CL Kali dari Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, dan jura III diraih Jois Jacob dari Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Peraih juara I berhak mendapat hadiah uang Rp 1,5 juta, juara II Rp 1 juta, dan juara III Rp 0,5 juta.

Moderator NTT PF, Winston Rondo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan semangat besar dari NTT PF bersama mitra pendukung untuk memberi ruang kepada perempuan desa NTT dengan cara menulis apa yang mereka pikirkan dan alami.

"Biarkan mereka memberikan informasi yang paling jujur, yang tidak bisa ditutup-tutupi tentang desa mereka," jelasnya.
Di tempat yang sama, perwakilan dari Oxfam GB, Sunarso menjelaskan, tulisan dari wanita-wanita hebat ini akan dipublikasikan ke desa-desa lain dan menjadi ajang pembelajaran bagi mereka.

Menurut siaran pers yang diterima Pos Kupang, lomba ini dimulai Februari 2010 hingga minggu ke-2 Maret 2010, melibatkan 20 Desa di Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu.

Lomba ini diadakan sebagai sebuah wadah penyaluran aspirasi bagi kaum perempuan, terutama yang berada di desa yang selama ini suaranya tak didengarkan dan jarang mendapat kesempatan terlibat langsung dalam pengambilan kebijakan pembangunan di desa, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring.

Lomba ini akan menghasilkan sebuah pengakuan yang sederhana, jujur dan nyata tentang pelaksanaan kebijakan pembangunan di tingkat desa yang dalam lomba ini pada kebijakan pengelolaan dan manfaat ADD bagi mereka. (alf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar